sulas92

Just another WordPress.com site

Menjaga Rambut Tetap Sehat

on January 17, 2012

Setiap yang hidup pasti punya masalah, termasuklah rambut kita! Masalah rambut pun bermacam-macam loh, Sob: ketombean karena dikeramasnya cuma sebulan sekali (nggak lah ya!), selalu kusut karena cuma disisir kalau ingat (sayangnya… lupa mulu, hehe), ubanan dan rontok karena sering dipake mikir yang berat-berat (hadooh!).

Padahal rambut juga punya hak untuk dirawat, dan kebersihan kan sebagian dari iman. Jadi gimana ya cara praktis menjaga rambut kita tetap sehat?

  1. 1.      Cara mengatasi ketombe

 

  1. Jaga agar kulit kepala tidak menjadi terlalu berminyak, misalnya dengan keramas secara teratur dan menggunakan minyak rambut secukupnya. Setelah keramas, biasakan membilas shampo sampai bersih.
  2. Jangan lupa menjaga kebersihan sisir, karena sisir yang kotor menjadi tempat berkumpulnya jamur.
  3. Mengkonsumsi air putih secara cukup setiap hari ditambah lagi dengan mengkonsumsi buah dan sayuran dalam jumlah cukup dapat membantu menjaga kesehatan kulit termasuk kulit kepala Anda.
  4. Untuk menghilangkan ketombe, kita bisa juga menggunakan shampo yang mengandung selenium sulfida atau salicylic acid.

e.       Cara alami mengatasi ketombe pada rambut dengan menggunakan jeruk nipis. Siapkan kira-kira 2-3 buah jeruk nipis. Iris buah jeruk nipis tersebut menjadi beberapa bagian. Irisan jeruk tersebut dibalurkan dan ditekan-tekan di kulit kepala, kemudian balut dengan handuk. Diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas dengan air. Lakukan hal ini secara rutin agar efeknya lebih terasa.

f.       Cara alami mengatasi ketombe pada rambut dengan menggunakan cuka dan minyak kelapa. Tuangkan 1 sendok makan cuka dalam suatu wadah lalu dicampur minyak kelapa dan aduk sampai merata. Ramuan tersebut dibalurkan pada kulit kepala secara merata dan diamkan selama 30 menit. Lalu keramas seperti biasa. Lakukan secara rutin minimal selama 1 minggu.

  1. 2.      Cara mengatasi rambut rontok

 

– Menggunakan shampoo kaya krim. Conditioner dapat digunakan paling banyak seminggu sekali. Hindari shampoo yang bisa menyebabkan iritasi kulit kepala.

–  Mencuci rambut sesuai jenisnya. Pada rambut berminyak dapat dicuci lebih sering dibanding rambut kering, karena rambut berminyak cenderung cepat kotor. Sedangkan pada rambut kering, cuci sedikitnya seminggu sekali.

–  Memakai sisir berujung tumpul (bulat) dan bergigi jarang. Menyisir secara perlahan agar rambut tidak tertarik.

–  Menggunakan pengering dengan suhu minimal jika terpaksa memakai pengering, dengan jarak sekitar 15 cm atau lebih.

–  Menata rambut sesuai kebutuhan. Pertimbangkan dengan matang jika akan “memperkosa” rambut dari keriting menjadi lurus atau sebaliknya. Hal yang sama berlaku untuk pewarna rambut.

–  Memijat kulit kepala dengan ujung jari untuk memperlancar peredarah darah.

–  Mengkonsumsi makanan sumber protein dan sayuran hijau untuk mencegah kekurangan vitamin dan mineral.  Kekurangan zat tertentu juga dapat menyebabkan rambut mudah rontok. Untuk itu, mengkonsumsi ikan salmon, hati, sereal, kedelai, pisang, wortel, kembang kol, atau hati dapat dilakukan karena mengandung zat biotin yang dapat merangsang pertumbuhan rambut.

 

3.      Cara mengatasi rambut bercabang

Agar rambut tidak kering dan bercabang, gunakan pelembab setelah keramas atau sebelum menggunakan hair dryer dan curling iron. Jangan biarkan rambut terjemur sinar matahari secara berlebihan. Gunting bagian bawah rambut yang bercabang atau melakukan triming secara teratur.

 

4.      Cara mengatasi rambut lepek

Gunakan shampo yang diperuntukan untuk rambut normal atau berminyak agar minyak pada kepala dapat dikurangi. Saat keramas, jangan menggosok kulit kepala terlalu keras karena dapat menyebabkan produksi minyak meningkat. Lalu sesuaikan model rambut, misalnya dengan mengeriting rambut agar terlihat lebih bervolume. Tetapi jangan lupa melakukan perawatan setelah dikeriting.

Semoga berguna! Selamat menjaga kesehatan rambut! (dari berbagai sumber)

5.      Mengatasi Rambut Keriting dan Kusut

Rambut kusut memang tidak enak dilihat. Agar mudah diatur dan tidak kusut, Anda dapat menggunakan sisir bergigi jarang pada saat menyisir dan lakukan secara perlahan. Berikan pelembab pada rambut agar rambut terasa licin dan tidak kusut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: